Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

ODF - Sebanyak 61,54 % dari 32 Kelurahan di Kota Banjarmasin sudah melakukan ODF / Bebas Buang Air Besar Sembarangan

BANJARMASIN - Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan, Bertempat di Lobi Pemerintah Kota Banjarmasin, Se...

BANJARMASIN - Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan, Bertempat di Lobi Pemerintah Kota Banjarmasin, Selasa (01/10).

ODF (Open Defecation Free) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan adalah Open Defecation Free (ODF) merupakan suatu kondisi masyarakat telah melakukan sanitasi total yaitu dengan tidak buang air besar sembarangan (BABS).

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Deklarasi Bebas Buang Air Besar Sembarangan dengan pembacaan naskah Deklarasi ODF oleh Perwakilan Masyarakat dan Penandatanganan naskah Deklarasi ODF yang saksikan dan dihadiri oleh Wali Kota Banjarmasin. Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Kepala SKPD serta Lintas sektor terkait Kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan Penghargaan Deklarasi ODF dari Wali Kota Banjarmasin.



Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini Untuk memberikan apresiasi dan pengakuan atas usaha masyarakat 10 Kelurahan ini agar dapat terus menjaga kelurahannya tetap ODF (Bebas Buang Air Besar Sembarangan) dan mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat serta memotivasi kelurahan lain untuk ikut serta melakukan deklarasi atas perubahan perilaku hidup bersih dan sehat di wilayahnya.

Berdasarkan hasil verifikasi dilapangan diperoleh Hasil data yaitu Kelurahan Pemurus baru, Pemurus Dalam, Karang Mekar, Pelambuan, Pangeran, Surgi Mufti, Teluk Dalam, Sei Bilu, Telawang, Pekapuran Laut 100% sudah layak dinyatakan ODF. Mempunyai tempat pembuangan air besar yang layak sehingga patut diberikan apresiasi terhadap kelurahan tersebut.

 


 

Untuk menetukan lokasi di 10 Kelurahan berdasarkan data yang didapat dari puskesmas, 100 % masyarakat yang memiliki jamban yang layak, kesadaran perilaku masyarakat yang mau berubah tidak buang air besar sembarangan, semua masyarakat hanya membuang tinja/kotoran di jamban, ada peningkatan kualitas jamban yang sudah ada menuju jamban sehat. 

 



Dengan dilakukannya Deklarasi ODF di 10 Kelurahan pada hari ini sehingga penambahan kelurahan dari 22 kelurahan yang sudah ODF menjadi 32 kelurahan (42,31% menjadi 61,54%).  Semua ini terwujud karena dukungan semua pihak yang turut dalam menangani ODF di Kota Banjarmasin sehingga menjadi kota yang bersih dan sehat.