Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

MUTU - Workshop Penguatan Kapasitas FKTP Melalui Pemantauan Mutu Bagi Seluruh Puskesmas di Kota Banjarmasin

BANJARMASIN - Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melalui Bidang YanSDK Pokja YanKes mengadakan kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas FKTP Mel...


BANJARMASIN - Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melalui Bidang YanSDK Pokja YanKes mengadakan kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas FKTP Melalui Pemantauan Mutu, Bertempat di Hotel Nasa Banjarmasin, Kamis (10/10).

Workshop Penguatan Kapasitas FKTP melalui Pemantauan mutu, Puskesmas sebagai salah satu FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang difungsikan sebagai gate-keeper dalam pelayanan kesehatan.

Diikuti sebanyak 60 orang peserta yang terdiri dari Kepala Puskesmas, Ketua Mutu, Ketua PPI dan Ketua MFK. 


Puskesmas dituntut untuk memberikan penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dan perorangan yang paripurna, adil, merata, berkualitas serta dapat memuaskan masyarakat.

Untuk dapat menghasilkan kinerja yang optimal dan berkualitas serta dapat memyuaskan masyarakat, maka seluruh sumber daya yang ada sebagai input dalam pelayanan harus dikelola secara baik menggunalan prinsip-prinsip manajemen, yang dimulai sejak saat perencanaan, penggerakan, pelaksanaan, pengendalian, pengawasan dan penilaian untuk menghasilkan output yang efektif dan efesien pada semua kegiatan di puskesmas.

Dalam meningkatkan kinerja fasilitas beruoa sarana dan prasarana serta keselamatan di Puskesmas agar berkualitas, maka dilakukan pengelolaan salah satunya Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) dan sebagai tolak ukur mutu layanan Puskesmas menggunakan Indikator Nasional Mutu.

Adanya kegiatan ini bertujuan untuk menilai upaya yang dilakukan sehingga dapat meningkatkan mutu layanan secara berkesinambungan, untuk memberikan umpan balik dan sebagai transparansi publik serta sebagai pembanding (benchmark) dalam mengidentifikasi best practice sebagai pembelajaran.