Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

MPOX - Waspada Situasi Darurat Global MPOX!

  WASPADA SITUASI DARURAT GLOBAL MPOX! Kenapa Situasi ini menjadi darurat ? WHO menyebutkan sudah ada 99 ribu kasus MPOX dengan 208 kematian...

 

WASPADA SITUASI DARURAT GLOBAL MPOX!

Kenapa Situasi ini menjadi darurat ?

WHO menyebutkan sudah ada 99 ribu kasus MPOX dengan 208 kematian terjadi di seluruh dunia. Ada varian MPOX baru yang lebih mudah menular dan sebabkan gejala lebih berat dan di Indonesia sudah terdeteksi 88 kasus MPOX!

Kasus konfirmasi MPOX di Indonesia tersebar di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kepulauan Riau dan DIY.

Penyakit cacar monyet memiliki gejala atau ciri-ciri yang serupa dengan cacar air, yaitu ruam atau bintil berair yang muncul di wajah, dada, hingga bagian dalam hidung dan mulut. Bedanya, monkeypox disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening, yang biasanya terjadi di rahang bawah, leher, dan selangkangan.

Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan cairan tubuh hewan yang terinfeksi, atau melalui droplet pernapasan dari orang yang terinfeksi. Penyakit monkeypox atau cacar monyet telah menjadi isu kesehatan global yang mendapatkan perhatian serius dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Siapa yang berisiko terkena mpox? Yang paling berisiko adalah orang yang serumah atau memiliki riwayat kontak (termasuk kontak seksual) dengan seseorang yang terinfeksi, termasuk tenaga kesehatan. Orang yang berhubungan seks dengan banyak pasangan dan berganti–ganti, berisiko tinggi tertular mpox

Gejala cacar monyet berbeda pada setiap fasenya. Pada tahap invasi atau fase awal, cacar monyet menimbulkan gejala demam, sakit kepala, hingga nyeri otot. Setelah demam, penyebaran penyakit masuk pada fase erupsi yang menimbulkan ruam selama 1-3 hari.

Segera periksa ke Puskesmas atau Rumah Sakit jika anda mempunyai gejala - gejala tersebut.