Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

AMP - Rekomendasi Audit Maternal Perinatal (AMP) Untuk 28 Puskesmas & 13 Rumah Sakit di Kota Banjarmasin

  BANJARMASIN - Kegiatan Rekomendasi Audit Maternal Perinatal (AMP) Untuk 28 Puskesmas & 13 Rumah Sakit di Kota Banjarmasin, Bertempat d...

 


BANJARMASIN - Kegiatan Rekomendasi Audit Maternal Perinatal (AMP) Untuk 28 Puskesmas & 13 Rumah Sakit di Kota Banjarmasin, Bertempat di Aula Baiman 2 Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Sabtu (31/08).

 

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, yang diikuti oleh 28 Bidan Koordinator Puskesmas & Perwakilan 13 Rumah Sakit se Kota Banjarmasin.

Tingginya angka kematian AKI dan AKB yang terjadi, menuntut usaha yang keras dari semua pihak dalam memainkan perannya sehingga AKI dan AKB dapat dicegah.

Untuk mendukung penurunan kematian Maternal dan Neonatal yakni salah satunya dengan melakukan Audit Maternal Perinatal (AMP).

Audit Maternal Perinatal (AMP) adalah suatu kegiatan yang menelusuri kembali sebab kesakitan dan kematian ibu dan bayi dengan tujuan untuk mencegah kesakitan dan kematian yang akan datang serta dalam rangka mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Salah satu Upaya Dinas Kesehatan yaitu dengan melaksanakan kegiatan ini, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas Surveilans Kematian Maternal Perinatal dan serta penuntut uoaya korektif/respon berdasarkan temuan tentang faktor penyebab kematian yang dapat dicegah atau dihindari.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat berharap dukungan, bantuan dan kerjasamanya terutama dalam pengisian pelaporan pada aplikasi MPDN (Maternal Perinatal Death Notification) agar kualitas data dan respon terhadap kasus kematian ibu bisa lebih cepat,