Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

AKSI BERGIZI - Kick Off : Gerakan Nasional Aksi Bergizi di MTSN 2 Kota Banjarmasin bersama Ketua TP PKK Kota Banjarmasin

  BANJARMASIN - Kick Off - Gerakan Nasional Aksi Bergizi, Bertempat di MTSN 2 Kota Banjarmasin, Senin (12/08). Kesehatan merupakan aspek pen...

 


BANJARMASIN - Kick Off - Gerakan Nasional Aksi Bergizi, Bertempat di MTSN 2 Kota Banjarmasin, Senin (12/08).

Kesehatan merupakan aspek penting dalam kehidupan anak dan remaja yang harus dilindungi, dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah, dan negara. Semua ini diharapkan dapat mewujudkan hidup dan tumbuh kembang yang baik, sesuai harkat dan martabat yang menjadi landasan siklus kehidupan manusia. Permasalahan yang kompleks dan beragam, namun sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari antara lain adalah kurangnya pemahaman remaja terkait kesehatan reproduksi, kasus perundungan (bullying), perkawinan dini anak, obesitas, termasuk masalah gizi dan stunting.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kurang gizi dalam jangka waktu lama, paparan infeksi berulang, dan kurang stimulasi. Stunting juga dipengaruhi oleh status kesehatan remaja, ibu hamil, pola makan balita, serta ekonomi, budaya, maupun faktor lingkungan seperti sanitasi dan akses terhadap layanan kesehatan. Salah satu faktor terjadinya stunting yaitu kejadian anemia pada remaja.

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dapat dialami oleh semua kelompok umur mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut. Anemia terjadi pada anak usia 5-14 tahun sebesar 26,8% dan usia 15-24 tahun sebesar 32%. Hal ini berarti sekitar 3 dari 10 anak di Indonesia menderita anemia (Riskesdas, 2018). 

Melihat masih tingginya angka anemia pada anak usia sekolah, pemerintah telah berkolaborasi untuk melakukan upaya pencegahannya melalui Gerakan Aksi Bergizi. 

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarmasin dan dihadiri Ketua TP PKK Kota Banjarmasin serta Lintas sektor terkait yang diikuti sekitar 633 Peserta didik MTSN 2 Kota Banjarmasin.



 

Gerakan Aksi Bergizi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran peserta didik dalam melakukan upaya pencegahan stunting yang bisa dilaksanakan secara rutin di sekolah melalui empat intervensi kegiatan utama, yaitu :

dimulai dari Senam Pagi atau Aktivitas fisik bersama, kemudian dilanjutkan dengan sarapan bersama dengan menu gizi seimbang, mengkonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja puteri dan mendapatkan edukasi kesehatan dan gizi.




 






Selain kegiatan tersebut juga dilakukan pengukuhan Duta TTD Rematri & permainan Pohon Harapan, dimana masing-masing remaja puteri mengisi pohon tersebut yang bertuliskan kata-kata dari masing-masing puteri.




Sebagai tanda dimulainya kegiatan aksi bergisi di Kota Banjarmasin, ditandai dengan pelepasan balon secara bersama-sama.