Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Mengusung Tema “Imunisasi Lengkap, Indonesia Kuat” Kepala Dinas Kesehatan Bacakan Sambutan DIRJEN P2P Kemenkes Dalam Rangka Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2024 13-19 Mei 2024

  Sejak Mei 2012, World Health Assembly (WHA) telah memprakarsai Pekan Imunisasi Dunia yang diperingati pada tiap minggu ke-4 bulan April (2...

 


Sejak Mei 2012, World Health Assembly (WHA) telah memprakarsai Pekan Imunisasi Dunia yang diperingati pada tiap minggu ke-4 bulan April (24 – 30 April). Hingga saat ini, Pekan Imunisasi Dunia telah dilaksanakan oleh lebih dari 180 negara melalui pelaksanaan berbagai kegiatan.

Berdasarkan data WHO pada tahun 2022, jumlah anak yang tidak mendapatkan imunisasi atau disebut dengan zero dose di tingkat global yaitu 14.3 juta anak. Data ini menunjukkan penurunan dari tahun 2021 yaitu 18,1 juta anak, kondisi ini sudah hampir menyamai situasi saat sebelum pandemi di tahun 2019 (12.9 juta anak). Sementara di Indonesia, jumlah anak yang belum di imunisasi lengkap sejak 2018 sampai tahun 2023 adalah 1,879,820 anak.

Pekan Imunisasi Dunia (PID) Tahun 2024 di tingkat global akan merayakan 50 tahun program EPI (Essential Program on Immunization), sedangkan Indonesia mengusung tema Nasional“Imunisasi Lengkap, Indonesia Kuat”


Semua pihak diharapkan dapat terlibat mempromosikan pentingnya imunisasi untuk menyehatkan bangsa dalam upaya mencegah Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I).

TUJUAN:

  1. Meningkatkan partisipasi aktif masyarakat terutama orang tua dan pengasuh anak dalam mencapai status imunisasi rutin lengkap sesuai jadwal.
  2. Mendorong keterlibatan dan komitmen pemerintah daerah, lintas program, lintas sektor, organisasi profesi, LSM , dunia usaha, dan mitra lainnya dalam program imunisasi guna mencapai eradikasi dan eliminasi penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).
  3. Meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepercayaan masyarakat akan nilai penting dan manfaat imunisasi untuk kesehatan keluarga sepanjang usia