Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Waspada Penyakit Malaria di Kota Banjarmasin Kenali Ciri-Ciri nya

Senin, 06 Mei 2024, bertempat di RRI Pro1 Banjarmasin disampaikan oleh dr. Tabiun Huda (Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin) Penyebab Ma...

Senin, 06 Mei 2024, bertempat di RRI Pro1 Banjarmasin disampaikan oleh dr. Tabiun Huda (Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin)


Penyebab Malaria adalah parasit Plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles betina. Dikenal 5 (lima) macam spesies yang menginfeksi manusia yaitu: Plasmodium falciparum, Plasmodium vivax, Plasmodium ovale, Plasmodium malariae dan Plasmodium knowlesi. Diagnosis pasti malaria harus ditegakkan dengan pemeriksaan sediaan darah secara mikroskopis dan/atau uji diagnostik cepat (Rapid Diagnostic Test=RDT).


anamnesis sangat penting diperhatikan: a. Keluhan: demam, menggigil, berkeringat dan dapat disertai sakit kepala, mual, muntah, diare dan nyeri otot atau pegalpegal. b. Riwayat demam dalam 1-2 minggu sebelumnya c. Riwayat sakit malaria dan riwayat minum obat malaria sebelumnya. d. Riwayat mendapat transfusi darah e. Riwayat berkunjung ke daerah fokus atau endemis tinggi malaria misalnya ke wilayah Papua, Sumba. f. Riwayat tinggal di daerah fokus atau endemis tinggi malaria.