Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Uji Fungsi Sanitarian Kit

  WORKSHOP DAN UJI FUNGSI SANITARIAN KIT UNTUK KUALITAS AIR MINUM RUMAH TANGGA DI WILAYAH KOTA BANJARMASIN Tim Kesehatan Lingkungan Kerja da...

 WORKSHOP DAN UJI FUNGSI SANITARIAN KIT UNTUK KUALITAS AIR MINUM RUMAH TANGGA DI WILAYAH KOTA BANJARMASIN

Tim Kesehatan Lingkungan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin beserta Petugas Kesehatan Lingkungan Puskesmas Se Kota Banjarmasin dalam Workshop Petugas Kesehatan Lingkungan dan Uji Fungsi Alat Sanitarian Kit untuk Surveilans KAMRT (Kualitas Air Minum Rumah Tangga) bertempat di aula The Winners 4 Dinas Kesehatan Kota  Banjarmasin, Selasa  (26 Juli 2023).

Penulis dan Editor : Haidi Rahman

DB News | Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin

Banjarmasin - Sanitarian Kit adalah alat untuk melakukan pemeriksaan terhadap kualitas sanitasi dan kesehatan lingkungan langsung di lapangan dilengkapi juga alat pemeriksaan udara dan deteksi cemaran makanan serta pelaporan hasil uji untuk seluruh parameter secara online. alat ini dapat mengukur 5 parameter udara yaitu Kualitas Air Minum, suhu, kelembaban, kecepatan aliran udara, pencahayaan dan kebisingan. Dengan Mengandalkan probe yang berbeda-beda pengukuran bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Untuk pengukuran partikulat debu di udara, dapat menggunakan instrumen digital Particle Counter. untuk mendeteksi debu dalam ruangan dan mudah dibaca menggunakan LCD display secara real time. Parameter yang dapat diukur adalah Arsenik, Florida, Nitrate, nitrite, Cyanide, Alumunium, Iron/Besi, Hardness, Chloride, Manganese, Sulphate, Copper, Ammonia, Chlorine, Kromium dan Selenium. 

Dalam Hal Kesehatan, Lingkungan memberikan kontribusi terbesar terhadap timbulnya masalah kesehatan masyarakat. Kesehatan Lingkungan merupakan upaya perlindungan, pengelolaan, dan modifikasi lingkungan yang diarahkan menuju keseimbangan ekologi pada tingkat kesejahteraan manusia yang semakin meningkat.

Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin menggelar workshop dan uji fungsi sanitarian kit untuk surveilans KAMRT (Kualitas Air Minum Rumah Tangga) Di Wilayah Kota Banjarmasin yang diikuti oleh petugas kesehatan lingkungan puskesmas se kota Banjarmasin, Selasa (25 Juli 2023) Bertempat di Aula The Winners 4 Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih petugas dalam menguji kualitas air minum menggunakan Sanitarian Kit dalam rangka perbaikan kualitas kesehatan lingkungan untuk dapat memelihara, melindungi dan meningkatkan cara-cara hidup bersih dan sehat di masyarakat Kota Banjarmasin yang rencananya pengambilan sampel akan dilakukan pada bulan Agustus 2023

Ada 3 Puskesmas yang mendapatkan bantuan Alat Sanitarian Kit dari penyedia Alat yaitu Puskesmas Beruntung Raya, Puskesmas Pemurus Dalam dan Puskesmas Kelayan Dalam. dan petugas kesehatan lingkungan se kota Banjarmasin yang hadir mendapatkan pelatihan langsung dari Teknisi PT. Techno Plus dalam menggunakan Sanitarian Kit selaku penyedia.