Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Penilaian Lomba Posyandu dan Kelurahan Ber PHBS Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan

PENILAIAN LOMBA POSYANDU DAN KELURAHAN BER PHBS TINGKAT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN Ketua TP PKK Kota Banjarmasin (Dr. dr. Hj. Siti Wasilah,...

PENILAIAN LOMBA POSYANDU DAN KELURAHAN BER PHBS TINGKAT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Ketua TP PKK Kota Banjarmasin (Dr. dr. Hj. Siti Wasilah, M.Si., Med.) bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dalam kegiatan Penilaian Lomba Posyandu dan Kelurahan Ber PHBS Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan bertempat Di Posyandu Merak Dasamaya, Kelurahan Alalak Selatan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Selasa  (01 Agustus 2023).

Penulis dan Editor : Haidi Rahman

DB News | Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin

Banjarmasin - Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Melalui posyandu, pemerintah berupaya untuk menyediakan layanan yang dibutuhkan masyarakat, seperti perbaikan gizi dan kesehatan, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, hingga ketahanan pangan dan kesejahteraan sosial.

Dalam kegiatan ini dibuka oleh ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Dr. dr. Hj. Siti Wasilah, M.Si., Med. yang juga menyampaikan “lomba ini tidak berakhir hanya sekedar lomba, tapi ini akan menjadikan kita membuat kelurahan ini sebagai sebuah prototype, sebagai contoh sebuah wilayah yang mengusahakan aktivitas ber PHBS dan mudah-mudahan menjadi kebiasaan yang terus meluas di tengah-tengah masyarakat, sehingga apa yang diupayakan pemerintah disambut dengan baik oleh masyarakat karena memiliki karakter yang baik yang diteruskan sampai ke anak-anak”.

Lebih lanjut dr. wasilah menambahkan “kami berharap bahwa apa yang sudah diupayakan di kelurahan ini bersama posyandu dan berbagai elemen lainnya ini akan membuahkan hasil yang baik, bukan hanya prestasi tetapi juga terbangunnya budaya ber PHBS di kelurahan ini dan juga posyandu yang hari ini menjadi lokus lomba posyandu tingkat provinsi” tutupnya.

Penilaian perlombaan posyandu meliputi lima indikator, yakni administrasi Posyandu yang terdiri dari kelembagaan Posyandu, pengelolaan Posyandu, data kelengkapan administrasi, sarana peralatan dan administrasi. Lalu yang kedua adalah hari buka Posyandu dan kemampuan kader yang meliputi mulai pendaftaran, penimbangan, pencatatan, penyuluhan serta kegiatan tambahan penunjang kesehatan. Indikator yang ketiga adalah peran serta masyarakat terhadap hasil Kegiatan Posyandu dan peran tim Pokjanal Posyandu yang meliputi opini masyarakat tentang Posyandu, pembiayaan Posyandu, sumber daya dan sumber dana, pendataan hasil kegiatan, pendataan bayi, Balita dan Bumil di Posyandu.

Indikator keempat adalah program inovasi dan pelayanan Posyandu yang meliputi penilaian kehadiran tim Pokjanal Posyandu, penilaian inovasi Posyandu, penilaian program-program Posyandu, penilaian peran serta instansi terkait seperti Puskesmas, Petugas Lapangan Keluarga Berencana dan inovasi Posyandu pada saat kunjungan penilaian. Sedangkan indikator penilaian terakhir yakni pembinaan Posyandu, seperti pembentukan Pembina, susunan dan peran Pembina Posyandu, serta kegiatan pembinaan.