Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Sudah beraktivitas fisik Hari ini.. ??? Yuk aktifitas fisik 10 Menit per hari

  di masa pandemi seperti saat ini, kita diwajibkan untuk menjaga kesehatan sebagai upaya melindungi tubuh dari paparan virus. untuk menjaga...

 




di masa pandemi seperti saat ini, kita diwajibkan untuk menjaga kesehatan sebagai upaya melindungi tubuh dari paparan virus. untuk menjaga kesehatan, kita dapat menerapkan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi dan melakukan aktivitas fisik minimal 10-15 menit setiap hari. 

Aktivitas fisik adalah kegiatan tubuh yang menggerakan otot rangka dan menghasilkan energi dan tenaga. Aktivitas ini mencakup aktivitas yang dilakukan di sekolah, di tempat kerja, aktivitas dalam keluarga/rumah tangga, aktivitas selama dalam perjalanan dan aktivitas lain yang dilakukan untuk mengisi waktu senggang sehari-hari. contoh aktivitas fisik seperti : menyapu, berkebun, mengepel, membersihkan rumah,mencuci, menyetrika, bermain dengan anak di luar ruangan dll.

aktifitas fisik yang baik dan teratur perlu dilakukan minimal 3-5 kali/minggu. beraktivitas fisik dengan intensitas sedang lebih memberi manfaat kesehatan, serta mengurangi risiko kelelahan dan cedera. aktivitas fisik juga dapat dilakukan dengan berjalan kaki sehingga upayakan banyak berjalan kaki setara 10.000 langkah kaki perhari atau dengan naik turun tangga. untuk kita yang bekerja di kantor, upayakan selalu bergerak tidak duduk selama 2 jam terus menerus.

beberapa manfaat beraktivitas fisik setiap hari diantaranya mengendalikan kadar kolestrol, mengendalikan berat badan, mengendalikan tekanan darah, meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh, mencegah diabetes melitus atau kencing manis, memperbaiki postur tubuh, memperbaiki kelenturan sendi dan kekuatan otot, menurunkan risiko keropos tulang pada wanita, mengendalikan setres serta mengurangi kecemasan.

beberapa latihan fisik/olahraga yang dapat dilakukan di rumah :

1. Jalan Cepat disekitar halaman rumah/di dalam rumah selama kurang lebih 30-45 menit/hari

2. naik turun tangga di rumah 10-15 menit 2-3 kali/hari

3. Jumping jacks, gerakan sederahana yakni melompat sambil membuka tangan dan kaki, lalu mengatupnya kembali

4. squat atau sit-t stand dengan bangku

5. wall push up

6. bermain hula hoop