Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

"In House Training" BHD (Bantuan Hidup Dasar) Bagi Tenaga PKWT

DBNews (Banjarmasin) - sebagai petugas yang bertugas di lingkungan kesehatan tentunya sering dihadapkan pada kondisi gawat darurat sal...



DBNews (Banjarmasin) - sebagai petugas yang bertugas di lingkungan kesehatan tentunya sering dihadapkan pada kondisi gawat darurat salah satunya adalah kondisi dimana seseorang tidak sadarkan diri atau bisa juga sesak nafas sehingga orang tersebut perlu penanganan secara cepat dan tepat. salah satu penanganan pertama dalam kondisi tersebut adalah dengan BHD atau melakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru)

BHD (Bantuan Hidup Dasar) atau basic life support merupakan upaya mengembalikan fungsi jantung dan paru yang berhenti bekerja saat penderita/ korban mengalami keadaan yang mengancam nyawa. BHD ini sebagai pertolongan pertama untuk memberikan oksigen kepada otak, jantung dan organ vital lainnya, sampai datang  petugas medik yang dapat menangani masalah tersebut Untuk mempersiapkan karyawan dan karyawati baru yang kompeten untuk tenaga kesehatan, Dinas kesehatan Kota Banjarmasin melalui bidang YAN-SDK memberikan pelatihan khusus yaitu In House Training Bantuan Hidup Dasar (IHT BHD).

Untuk mempersiapkan karyawan dan karyawati baru yang kompeten untuk tenaga kesehatan, hari ini (27/02/20) Dinas kesehatan Kota Banjarmasin melalui bidang YAN-SDK memberikan pelatihan khusus yaitu In House Training Bantuan Hidup Dasar (IHT BHD).

Training ini menghadirkan 4 instruktur dari HIPGABI (Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia) Prov. Kalimantan Selatan untuk memberikan pelatihan kepada para peserta.

training ini dilaksanakan selama dua hari yaitu 27-28 Februari 2020 dengan jumlah peserta 92 orang yang dibagi kedalam dua gelombang. training ini diikuti oleh tenaga PKWT kesehatan dan non-kesehatan yang bertugas di 26 puskesmas se-Kota Banjarmasin.

acara dibuka oleh Kepala Bidang YAN-SDK dr.Dellis JF didampingi oleh Kepala Seksi  SDMK Anni Yolanda, SKM. beliau menyampaikan bahwa semua tenaga kesehatan maupun non kesehatan yang bertugas di puskesmas maupun rumah sakit harus punya kemampuan dalam BHD dan beliau berharap semua peserta dapat memanfaatkan momentum ini sebaik -baiknya dan mengaplikasikan pada kondisi-kondisi tertentu yang memerlukan penanganan darurat.