Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pengoptimalan Pencatatan dan Pelaporan Program Kusta dan Frambusia

DBNews (Banjarmasin) - Kusta merupakan penyakit yang menyerang kulit  sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan at...



DBNews (Banjarmasin) - Kusta merupakan penyakit yang menyerang kulit sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas, serta mata.  Bakteri ini memerlukan waktu 6 bulan hingga 40 tahun untuk berkembang di dalam tubuh. Tanda dan gejala kusta bisa saja muncul 1 hingga 20 tahun setelah bakteri menginfeksi tubuh penderita. 

Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melalui Seksi P2PM menggencarkan pencegahan dan penanganan penyakit Kusta di seluruh wilayah melalui peningkatan peranan pendataan puskesmas-puskesmas melalui sistem aplikasi komputer. 

Untuk mendukung hal tersebut, hari ini Rabu(26/02/20) diselenggarakan Pertemuan Teknis P2 Kusta dengan melibatkan perwakilan petugas program kusta dari masing-masing puskesmas di Banjarmasin. 

Adapun tujuan pertemuan ini ialah mempelajari sistem aplikasi terbaru sebagai sistem pelaporan pendataan penderita kusta di lingkungan masyarakat masing-masing puskesmas.

Pada acara tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yang menjelaskan penggunaan sistem pelaporan dan pendataan penderita kista.


Banjarmasin City Health Office through the P2PM Section has intensified the prevention and treatment of leprosy in all regions through enhancing the role of puskesmas.

To support this, today Wednesday (02/26/20) P2 Leprosy Technical Meeting was held by involving representatives of leprosy program officers from each puskesmas in Banjarmasin.

The purpose of this meeting is to study the latest application system as a reporting system for data collection of lepers in each community health center.