Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Workshop GEMA CERMAT, Kegiatan Peningkatan Pelayanan Kefarmasian Program Kefarmasian dan Alat Kesehatan Tahun 2019

DBNews (19/11/19) - Penggunaan obat bebas secara tidak tepat, tanpa informasi yang akurat dan memadai dapat menyebabkan masalah kese...



DBNews (19/11/19) - Penggunaan obat bebas secara tidak tepat, tanpa informasi yang akurat dan memadai dapat menyebabkan masalah kesehatan baru. Informasi obat yang tercantum pada kemasan obat, sering tidak diperhatikan dan dipahami dengan baik oleh masyarakat. Selain itu, masyarakat belum memahami cara menyimpan dan membuang obat secara benar di rumah tangga.

Penggunaan obat secara tidak rasional dapat mengakibatkan terapi kurang efektif dan efisien. Menurut WHO, lebih dari 50 % obat di dunia diresepkan dan digunakan secara tidak tepat. Ketidakrasionalan penggunaan obat dapat berupa penggunaan obat yang kurang (underuse) dan penggunaan obat tidak tepat indikasi, dosis, cara dan lama pemakaian (misuse). 

Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dapat digunakan dalam mengedukasi masyarakat untuk memilih dan menggunakan obat yang benar pada swamedikasi.
Dasar hukum kegiatan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat  adalah Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/Menkes/427/2015 tentang Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) yang bertujuan agar masyarakat lebih aktif dalam mencari informasi mengenai obat yang digunakan oleh keluarga. Informasi tersebut dapat berguna antara lain agar dapat menggunakan dan mengelola obat di rumah tangga secara benar. Selain itu diharapkan agar tujuan self-medication dapat tercapai secara optimal.


Kegiatan Gema Cermat hari Selasa tanggal 19 November 2019 bertempat di Ruang Kelas SMK Negeri 3 Banjarmasin dengan sasaran siswa-siswi SMK Negeri 3 Banjarmasin sebanyak 2 kelas dimulai jam 10.00 s.d selesai. Acara di mulai dengan pembukaan oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, dan Teori serta Praktek tentang cara memilih obat, cara mendapatkan obat, cara menggunakan obat, cara menyimpan obat, cara membuang obat serta Tanya 5 O.


Pada sesi Tanya 5 O, siswa-siswi SMK Negeri 3 Banjarmasin mengajukan 5 pertanyaan  sebelum menggunakan obat secara mandiri. Hal ini penting untuk menghindari efek samping penggunaan obat tanpa resep dokter.