Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

HKN 55 : DINAS KESEHATAN KOTA BANJARMASIN DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAKSANAAN KEGIATAN DI POSYANDU LANSIA SEHAT DAN BAHAGIA GENERASI SEHAT INDONESIA UNGGUL

 Silaturrahmi Kepala Dinas Kota Banjarmasin Dr. Machli Riyadi, S.H., M.H. bersama Dr. Karyono Ibnu Ahmad di Aula Dinas Kota Banjarmasin...

 Silaturrahmi Kepala Dinas Kota Banjarmasin Dr. Machli Riyadi, S.H., M.H. bersama Dr. Karyono Ibnu Ahmad di Aula Dinas Kota Banjarmasin (DBnewsphoto/Enni Rizqa)

Dihadiri oleh 85 kader lansia dari 312 kader lansia se-kota Banjarmasin acara ini berlangsung dengan hikmat dan bahagia di Aula Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin pada 23 Oktober 2019 hari ini. Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin ini merupakan rangkaian kegiatan wajib untuk para kader lansia di kota Banjarmasin, diantaranya adalah pemeriksaan PTM (Penyakit Tidak Menular) secara gratis. Dalam buku yang berjudul Hukum Kesehatan Kontemporer yang dikarang oleh Dr. Machli Riyadi, S.H., M.H. sendiri dapat dikutip bahwa sebuah pelayanan Kesehatan (health care services) merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan, baik perseorangan, maupun kelompok atau masyarakat secara keseluruhan. Tujuannya adalah untuk memperoleh derajat kesehatan yang baik dan kualitas kehidupan yang baik pula.

Pada kegiatan silaturrahmi "Bedapatan" kali ini Dr. Machli Riyadi, S.H., M.H. menyampaikan bahwa kegiatan ini akan diagendakan secara berkelanjutan minimal kurun waktu 3 bulan sekali, kegiatan silaturrahmi "Bedapatan" ini kiranya dapat menambah produktivitas lansia dengan hal positif dan spiritual. Di hadiri oleh Dr. Karyono Ibnu Ahmad yang menjelaskan tentang beberapa surah yang tentu saja bersumber dari Al Qur'an dan Al Hadist, yaitu surah ke 15, 19, 24,28, 34, 37, 40, 45,47,dan 49, berikut adalah surah-surah yang kiranya mudah untuk dipelajari oleh lansia di kota Banjarmasin.

Pada kegiatan kali ini pula Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Dr. Machli Riyadi, S.H., M.H. pun sempat menyampaikan bahwa dirinya ketika berada di Jepang melihat banyak sekali lansia yang melakukan hal produktive dengan demikianlah kegiatan yang dilaku kan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin ini dalam dijadikan agenda rutin sebagai salah satu aplikasi terhadap lansia.

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin didampingi staff memberikan sambutan kepada Kader Lansia Kota Banjarmasin (DBnewsphoto/Enni Rizqa)

Dilansir dari https://www.independent.co.uk/voices/japan-elderly-social-care-system-uk-nhs-health-old-people-a8377631.html ttps://www.independent.co.uk/voices/japan-elderly-social-care-system-uk-nhs-health-old-people-a8377631.html
    "in Japan, people above the age of 65 apply to their local goverment, and complex test is done to assess their needs. A care manager advises on how these needs may best be met, based on the budget they're allocated and a knowledge of local service providers for (predominantly) community-based care. There comprise a range of organisations in the public, not-for-profit and private sectors. The providers that offer such services are often small organisations, embedded in the local community. The number of residential home is restricted, with a strong emphasis on community care : a decision justified on fiscal grounds but also as the most supportive of well-being"

 "Di Jepang, orang di atas usia 65 datang melamar ke pemerintah daerah mereka, dan sejumlah test dilakukan untuk kebutuhan mereka. Seorang manajer perawatan memberi nasihat tentang bagaimana kebutuhan ini dapat dipenuhi, berdasarkan anggaran yang dialokasikan dan pengetahuan penyedia layanan lokal untuk (terutama) perawatan berbasis masyarakat. Terdiri dari berbagai organisasi di sektor publik, nirlaba dan swasta. Penyedia yang menawarkan layanan seperti itu seringkali adalah organisasi kecil, yang tertanam dalam komunitas lokal. Jumlah rumah tinggal dibatasi, dengan penekanan kuat pada kepedulian masyarakat : keputusan dibenarkan atas dasar fiskal tetapi juga sebagai yang paling mendukung kesejahteraan."

Berikut rangkaian kegiatan pemeriksaan gratis kepada Kader Lansia di Kota Banjarmasin yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin diantaranya adalah :

           
           

Hal ini kiranya dapat dijadikan sebuah gerakan yang menginspirasi dan media untuk gerakan kota Banjarmasin, dimana Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin berperan dan turut serta dalam proses pembangunan bangsa Indonesia yang sehat dan sejahtera. Dengan sumber daya manusia yang dimiliki oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin niscaya akan senantiasa mengutamakan dan memenuhi pelayanan yang ramah kepada masyakarat terutama untuk kota Banjarmasin.

Salam Sehat.
Salam The Winners.


DBnews2019/ Enni Rizqa Zulfiana