Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

HKN 55 : SIKAT GIGI BERSAMA GENERASI SEHAT, INDONESIA UNGGUL DINAS KESEHATAN KOTA BANJARMASIN

Dalam rangkaian kegiatan HKN ke-55 ini diadakan ragam rangkaian kegiatan yang turut mengikutsertakan berbagai pihak dari masyarakat...




Dalam rangkaian kegiatan HKN ke-55 ini diadakan ragam rangkaian kegiatan yang turut mengikutsertakan berbagai pihak dari masyarakat, salah satunya adalah di lingkungan pendidikan betapa pentingnya menciptakan kesadaran pembangunan kesehatan. Di hadiri langsung oleh Dr. Machli Riyadi, S.H., M.H. selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin di salah satu sekolah dasar di kota Banjarmasin (22/10) merupakan sebuah kesan tersendiri di hati murid-murid. Kegiatan sikat gigi masal dilakukan serempak di sekolah-sekolah di kota Banjarmasin.


     seorang siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarmasin sedang menyikat gigi dengan gembira, 
Selasa (22/09). (DBnewsphoto/syafar)

       Bersikat gigi berguna untuk mencegah risiko tinggi terjadinya kerusakan gigi pada siswa sekolah dasar, kegiatan ini mengajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar serta waktu yang tepat untuk menyikat gigi. Kebersihan rongga mulut dapat dilihat salah satunya dengan ada tidaknya plak. 

dikutip dari www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answer/brushing-your-teeth/faq-2005193 menyatakan bahwa :

      "The American Dental Association recommends brushing your teeth twice a day with  fluoride toothpaste for two minutes each time.
When you brush your teeth, you help remove food and plaque — a sticky white film that forms on your teeth and contains bacteria. After you eat a meal or snack that contains sugar, the bacteria in plaque produce acids that attack tooth enamel.
Eventually, the acid can break down tooth enamel, causing cavities. Plaque that isn't removed can also harden into tartar, making it harder to keep teeth clean. Tartar buildup on your gums leads to inflammation that causes gum disease."
    "The American Dental Association merekomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride selama dua menit setiap kali.
Saat Anda menyikat gigi, Anda membantu menghilangkan makanan dan plak - lapisan putih lengket yang terbentuk pada gigi Anda dan mengandung bakteri. Setelah Anda menyantap makanan atau camilan yang mengandung gula, bakteri dalam plak menghasilkan asam yang menyerang email gigi.
Akhirnya, asam dapat memecah email gigi, menyebabkan gigi berlubang. Plak yang tidak dihilangkan juga dapat mengeras menjadi karang gigi, membuatnya lebih sulit untuk menjaga gigi tetap bersih. Penumpukan tartar pada gusi Anda menyebabkan peradangan yang menyebabkan penyakit gusi. "

    "Besides brushing your teeth, to keep your mouth healthy, do the following:
  • Floss daily.
  • Use mouthwash after brushing and flossing.
  • Drink plenty of water.
  • Eat a healthy diet and limit sugary food and drinks.
  • Avoid frequent snacking.
  • Replace your toothbrush every three to four months, or sooner if the bristles are irregular or splayed.
  • Schedule regular dental checkups with X-rays and cleanings. 
    Selain menyikat gigi, untuk menjaga mulut tetap sehat, lakukanlah hal berikut :

Benang setiap hari.
Gunakan obat kumur setelah menyikat dan flossing.
Minum banyak air.
Makanlah makanan yang sehat dan batasi makanan dan minuman manis.
Hindari sering ngemil.
Ganti sikat gigi Anda setiap tiga hingga empat bulan, atau lebih cepat jika bulunya tidak teratur atau terentang.
Jadwalkan pemeriksaan gigi rutin dengan sinar-X dan pembersihan."


   Siswa-siswi Sekolah Dasar bersemangat mengikuti kegiatan sikat gigi bersama salah satu Dokter dari Tim Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. (DBnewsphoto/syafar)

Peralatan untuk menyikat gigi harus menjadi perhatian masyarakat, karena mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Masalah seperti gigi berlubang merupakan penyakit no. 1 dunia maka anjuran dokter gigi adalah menggunakan sikat gigi yang halus dan medium.
Nah, setelah mengetahui banyaknya manfaat sikat gigi bagi kesehatan. Masih malas gosok gigi ? Yuk mulai sekarang rajin sikat gigi setelah sarapan pagi dan sebelum tidur ya. 
Salam Sehat, Salam The Winners.



DBnews 2019/Enni Rizqa Zulfiana