Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

KESWA - Promosi Kesehatan Jiwa & Napza dalam Upaya Penggerakan Masyarakat di SMAN 1 Kota Banjarmasin

BANJARMASIN - Promosi Kesehaatn Jiwa & Napza dalam Upaya Penggerakan Masyarakat  di SMAN 1 Kota Banjarmasin, Kamis (19/09). Kegiatan dih...

BANJARMASIN - Promosi Kesehaatn Jiwa & Napza dalam Upaya Penggerakan Masyarakat  di SMAN 1 Kota Banjarmasin, Kamis (19/09).


Kegiatan dihadiri Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Banjarmasin, Kepala Bidang P2P, Ketua Pokja Penyakit Tidak Menular (PTM) Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, PJ KesWa Dinkes Prov. Kal-Sel dan Siswa-Siswi Kelas X SMAN 1 Kota Banjarmasin.


Pada kegiatan ini menghadirkan Narasumber Ibu Mardha Raya S.Kep., Ners. M.Kep., Sp. KepJ dengan materi Promkes Jiwa dan Narkoba pada Remaja.


Dalam Materi Narasumber membahas mengenai Pendidikan Kesehatan Jiwa di Sekolah yang meliputi Perkembangan Fisik dan Jiwa sesuai kelompok usia peserta didik, permasalahan yang sering dihadapi dan keterampilan sosial dalam meningkatkan ketahanan mental agar kepribadian peserta didik dapat tumbuh dengan baik.

Adapun Upaya Peningkatan Kesehatan Jiwa di Sekolah yaitu dengan Promotif (Penyuluhan Kesehatan), Preventif (Deteksi Dini), Kuratif (Intervensi dini) dan  Rehabilitatif (Pemulihan lanjutan).

Salah satu teknik Manajemen Stress dengan teknik "Butterfly Hug" dengan cara seperti :

  1. Silangkan tangan seperti memeluk diri sendiri
  2. Tutup mata dan bayangkan tempat yang nyaman
  3. Bernafas dengan lambat, pelan dan rileks
  4. tepuk pundak dengan perlahan sampai merasa tenang sambil mengucapkan afirmasi positif "tenang, rileks, semua akan baik baik saja"

"Lakukan Saat Merasa stres, sedih, cemas, gelisah dan overthinking"