Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

KESEHATAN JIWA - Penguatan Program Pelayanan Kesehatan Jiwa (ODGJ), Dinkes Melakukan Orientasi Kesehatan Jiwa Bagi Petugas Puskesmas

  BANJARMASIN - Orientasi Kesehatan Jiwa Bagi Petugas Puskesmas Tahun 2024, bertempat di Hotel Nasa Banjarmasin yang diselenggarakan selama ...

 


BANJARMASIN - Orientasi Kesehatan Jiwa Bagi Petugas Puskesmas Tahun 2024, bertempat di Hotel Nasa Banjarmasin yang diselenggarakan selama 3 hari, dimulai dari tanggal 04 Juli 2024 sampai dengan 06 Juli 2024. 

Kegiatan diikuti 28 Peserta terdiri dari Pengelola program Keswa di 28 Puskesmas se Kota Banjarmasin dengan rangkaian kegiatan sharing knowladge dari Narasumber yang berkompeten dibidangnya masing-masing seperti Mardha Raya S.Kep.Ners., M.Kep.SP.Kep.J dengan materi (Perawat ODGJ di Ranah Pelayanan Primer), dr.Hidayati Effiza dengan materi (Bunuh Diri), dr.Aulia Rahmah dengan materi (Pencatatan dan pelaporan data kesehatan jiwa), dr.Yanuar Satrio Saroso Sp.Kj dengan materi (Gangguan Skizofrenia) & juga Dr.dr.Sherly Limantara, SPKJ.

Kesehatan Jiwa merupakan hal yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik bagi manusia. Dengan sehatnya jiwa seseorang, maka aspek kehidupan yang lain dalam dirinya akan bekerja dengan baik dan maksimal. Kondisi jiwa yang sehat tidak terleps dari kondisi fisik yang sehat.

Masalah Kesehatan Jiwa di Indonesia cukup besar. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas, 2018), data nasional untuk gangguan mental emosional (Gejala depresi dan cemas) yang dideteksi pada penduduk usia lebih dari 15 tahun atau lebih, dialami oleh 6% penduduk atau lebih dari 14 juta jiwa, sedangkan gangguan jiwa berat (psikotik) dialami oleh 1.7/1000 atau lebih dari 400.000 jiwa. Depresi juga terjadi pada masa kehamilan dan pasca persalinan yang dapat memperngaruhi pola asuh serta tumbuh kembang anak.

Dengan diadakannya kegiatan Orientasi Kesehatan Jiwa ini diharapkan kepada pengelola program keswa Puskesmas memberikan penguatan program pelayanan kesehatan jiwa (ODGJ) di Kota Banjarmasin dan menjamin hak pelayanan ODGJ bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Kota Banjarmasin serta mencakup kegiatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.