Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

HARI HIPERTENSI 2024 - Mengusung Tema "Ukur Tekanan Darah Anda Secara Akurat, Kendalikan, Hidup Lebih Lama" Dinas Kesehatan Memperingati Hari Hipertensi Sedunia Tahun 2024

  World Hypertension Day (WHD) atau Hari Hipertensi Dunia diperingati setiap tahun setiap tanggal 17 Mei sejak tahun 2005. Kegiatan ini dima...

 


World Hypertension Day (WHD) atau Hari Hipertensi Dunia diperingati setiap tahun setiap tanggal 17 Mei sejak tahun 2005. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi kepada seluruh masyarakat di dunia agar memberikan perhatian, peran serta dan mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan masalah hipertensi sebagai silent killer, yang berpotensi menyebabkan epidemi di dunia.


Hari Hipertensi Sedunia 2024 mengusung tema “Ukur Tekanan Darah Anda Secara Akurat, Kendalikan, Hidup Lebih Lama”. Tema tersebut bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahayanya penyakit hipertensi dengan mengenali gejala, faktor risiko hingga cara pencegahannya.

Tema ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat bahwa hipertensi dapat dicegah dan diobati. Tema tersebut juga menegaskan agar setiap orang melakukan pengukuran tekanan darah secara berkala dan mencegah serta mengendalikan hipertensi.

Bertempat di Hotel Rattan In Banjarmasin, Kamis (06/06) dihadiri oleh Pengelola Program PTM Puskesmas Se-Kota Banjarmasin, Kader Posbindu, PWRI (Persatuan Wredatama Republik Indonesia) dan Anggota Komunitas Grandma.


 
 

Adapun rangkaian kegiatan dimulai dari senam pagi bersama, kemudian dilanjutkan dengan skrining kesehatan dari Puskesmas Terminal dan Puskesmas Pemurus baru, setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Narasumber IDI Kota Banjarmasin yaitu dr. Bayu Eka Nugraha, Sp.PD, FINASIM.

Penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) merupakan masalah kesehatan utama di negara maju maupun negara berkembang dan menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia setiap tahunnya. Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum dan paling banyak disandang masyarakat.

Berdasarkan data 10 penyakit terbanyak di kota Banjarmasin, hipertensi menduduki peringkat pertama pada tahun 2023. Untuk tahun 2024 dari bulan januari sampai dengan bulan april sebanyak 18311 orang atau 32,87% penyandang penyakit hipertensi.

 


Dengan banyaknya kasus penyakit hipertensi maka diharapkan kepada masyarakat agar rutin memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan, kemudian seimbangkan tekanan darah dengan makanan sehat dan olahraga teratur.

 


Selamat Hari Hipertensi Sedunia, Semoga selalu sehat dan bahagia.

INGAT CERDIK (Cek Kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin Aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stress).