Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Mengusung Tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” Kepala Dinas Kesehatan Mengikuti Apel Gabungan HARDIKNAS

  Banjarmasin - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Indonesia diperingati setiap tanggal 02 Mei. Tahun ini, Hardiknas jatuh pada hari Ka...

 


Banjarmasin - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Indonesia diperingati setiap tanggal 02 Mei. Tahun ini, Hardiknas jatuh pada hari Kamis, tanggal 02 Mei 2024. Hardiknas mengusung tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar". Tema ini mengajak seluruh elemen bangsa, mulai dari pemerintah, pendidik, peserta didik, orang tua, hingga masyarakat luas, untuk bahu-membahu dalam mewujudkan cita-cita pendidikan Indonesia yang Merdeka Belajar.

Merdeka Belajar merupakan sebuah gerakan yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memberikan keleluasaan dan kemerdekaan belajar bagi peserta didik. Gerakan ini didasarkan pada filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara, yaitu "kemerdekaan belajar" dan "kemerdekaan mengajar".


Ki Hadjar Dewantara, yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Indonesia, selalu menekankan pentingnya pendidikan yang berpusat pada peserta didik. Beliau meyakini bahwa setiap anak memiliki potensi yang unik dan perlu didorong untuk berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya.

Semangat Merdeka Belajar ini sejalan dengan tujuan pembangunan nasional, yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan yang berkualitas dan bermutu menjadi kunci utama dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

Peringatan Hardiknas 2024 menjadi momentum yang tepat untuk mengevaluasi kemajuan pendidikan di Indonesia, sekaligus merumuskan strategi dan langkah-langkah konkrit untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.