Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Orientasi test dan treat program HIV-AIDS dan PIMS

  DBNews (Banjarmasin) -  HIV ( human immunodeficiency virus ) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan men...

 


DBNews (Banjarmasin)HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah, sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

Infeksi HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

Sampai saat ini belum ada obat untuk menangani HIV dan AIDS. Akan tetapi, ada obat untuk memperlambat perkembangan penyakit tersebut, dan dapat meningkatkan harapan hidup penderita HIV.

untuk meningkatkan kemampuan para pengelola program HIV di Puskesmas, Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melalui Bidang P2P melaksanakan kegiatan Orientasi test and treat program HIV-AIDS dan PIMS. Kegiatan ini mengundang tenaga medis para pengelola HIV/Aids diantaranya Dokter, Perawat, analis, apoteker dan petugas RR (Recording and Reporting). 

bertempat di Hotel Roditha Banjarmasin (Senin,13/09/21) kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Dr.Machli Riyadi, S.H., M.H.  beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai upgrading skill bagi pengelola program HIV/Aids.