Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Ingat !!! Bulan Februari, Bulan Vitamin A

  DBNews (Banjarmasin) - Tahukah kamu, Setiap bulan Februari dan Agustus merupakan bulan pemberian Vitamin A untuk bayi dan balita.  Vitami...

 


DBNews (Banjarmasin) - Tahukah kamu, Setiap bulan Februari dan Agustus merupakan bulan pemberian Vitamin A untuk bayi dan balita. Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan berperan penting dalam proses pembentukan sistem penglihatan yang baik dan sangat membantu menunjang kesehatan tubuh. Vitamin A biasanya diberikan kepada bayi dan balita juga ibu nifas.

Terdapat dua jenis kapsul Vitamin A yaitu kapsul warna biru dan warna merah, vitamin A Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Vitamin A dalam bentuk kapsul merah juga diberikan kepada ibu nifas. (Promkes.kemkes.go.id)

 Tidak hanya untuk penglihatan, Vitamin A juga bermanfaat untuk organ lain seperti mata, kulit, organ reproduksi, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Sedangkan apabila anak kekurangan vitamin A maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare.

Kapsul vitamin A ini bisa didapatkan secara Gratis di fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas atau rumah sakit.

Minggu (7/2/21) Tim promkes Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin bersama tim promkes Puskesmas melakukan pembagian Vitamin A untuk bayi/balita di Kawasan Siring 0 KM Kota Banjarmasin, bersamaan dengan edukasi mengenai protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 dan Vaksinasi Covid-19. Beberapa anak-anak pengunjung siring 0 KM mendapatkan vitamin A yang dilakukan oleh tim puskesmas.