Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Adakan IVA & HIV Test Gratis di Sejumlah Pub Banjarmasin

DBnews/ Banjarmasin (7/9) Salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dalam melakukan pencegahan kanker serviks ya...


DBnews/ Banjarmasin (7/9) Salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dalam melakukan pencegahan kanker serviks yang masih berada di peringkat kedua di dunia menurut WHO pada tahun 2005 hingga saat ini, serta di Indonesia sendiri kanker serviks berada di urutan ke lima menurut SKRT tahun 2001 yaitu IVA Test atau inspeksi visual dengan asam asetat dilakukan untuk mendeteksi dini kanker serviks yang hasilnya akan di teliti di laboratorium selama 1-2 minggu, pemeriksaan yang relative terjangkau ini sebaiknya dilakukan oleh pasien yang mengalami keguguran, siklus mentruasi, dan masa nifas.

Pemeriksaan ini dilakukan berturut-turut di sejumlah pub di kota Banjarmasin, diantaranya adalah Armani Executive Club, Nasa Luxury Pub & Cafe, dan HBI Athena Discotic.
Sasarannya adalah wanita berusia 19-35 tahun.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penularan HIV/AIDS dan Kanker Serviks di kota Banjarmasin dan juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia khususnya Perempuan yang ada di kota Banjarmasin." ujar Dr. Machli Riyadi, S.H., M.H. Kadinkes Kota Banjarmasin ditemui diruangannya.

Upaya preventif mencegah kanker serviks  terhadap perempuan tidak hanya secara medis dengan pemeriksaan IVA, namun juga didukung dengan pola hidup sehat dan teratur. Dengan berpikiran maju dan optimis maka perempuan pun dapat menyampaikan argumennya demi kemajuan bangsa dan negara serta berkontribusi dalam pembangunan dan perubahan dengan energi positif apapun profesinya.

One of effort of Regional Health Office Banjarmasin in prevential of cervikal cancers ranks which is still on second position in the world according to WHO in 2005 until now, as well as in Indonesia itself cervical cancer in fifth position according to the 2001 SKRT named by IVA Test or visual inspection with acetic acid that has been done to detect the cervical cancer earlier, the results itself which will be examined in the laboratory for 1-2 weeks, relatively affordable examination should be performed by patients who had miscarried, menstrual cycles, and puerperium. 

This activity is one as an effort to break the chain of HIV / AIDS and cervical cancer transmission in the city of Banjarmasin and also aims to improve the quality of life of Indonesian women, especially women in Banjarmasin, "said Dr. Machli Riyadi, S.H., M.H. as a chief of Health Regional Office Banjarmasin when met in his room.

This examination just done succesfully in a number of pubs in Banjarmasin, including the Armani Executive Club, Nasa Luxury Pub & Cafe, and HBI Athena Discotic that refer to the targets are women on age 19-35 years.

Preventive efforts to prevent cervical cancer in women are not only medically with IVA examinations, but also need supported by a healthy and regular lifestyle. With forward thinking and optimism, women can also convey their arguments for the progress of the nation and state and contribute to development and change with positive energy regardless of their profession.


DBnews2020 / Enni Rizqa