Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Workshop STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Bagi Petugas Sanitarian Puskesmas Se-Kota Banjarmasin

DBNews (Banjarmasin) - Sanitasi  merupakan perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuh...




DBNews (Banjarmasin) - Sanitasi merupakan perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

Dalam mewujudkan perilaku dalam budaya hidup bersih dengan bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya di Kota Banjarmasin, Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melalui Seksi Kesehatan Lingkungan menyelenggarakan Workshop STBM ( Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).
Acara ini di buka oleh Kasi Kesehatan Lingkungan , Hj. Umi Kalsum, SKM dan dihadiri oleh seluruh  Sanitarian dari Puskesmas Kota Banjarmasin.

workshop ini sebagai upaya Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin untuk membekali petugas kesling puskesmas agar mampu memberikan pemahaman  kepada masyarakat mengenai STBM.
"tujuan workshop ini agar seluruh sanitarian puskesmas memahami bagaimana cara agar masyarakat bisa mengubah perilaku higieni sanitasi dengan metode pemicuan melalui pendekatan 5 pilar STBM"  jelas Kasi Kesling
lima pilar STBM tersebut diantaranya Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum dan Makanan di Rumah Tangga (PAMM-RT), Pengamanan Sampah Rumah Tangga serta Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga.

dalam workshop ini menghadirkan narasumber Rina Kadarwati, SKM sebagai Tenaga Ahli STBM wilayah Kalimantan Selatan yang memberikan materi mengenai metode pemicuan kepada masyarakat dalam hal STBM.


Melalui workshop ini diharapkan para sanitarian dapat mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar peduli dalam kesehatan lingkungannya dengan melakukan pemicuan di lapangan.