Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pentingnya Asupan Gizi bagi ibu hamil, Anemia Dapat menyebabkan Stunting

DBNews (Banjarmasin) - Anemia merupakan salah satu masalah gizi di Indonesia. Dan hal ini dapat menjadi masalah penting apabila anem...



DBNews (Banjarmasin) - Anemia merupakan salah satu masalah gizi di Indonesia. Dan hal ini dapat menjadi masalah penting apabila anemia di alami oleh ibu hamil karena dapat berdampak terhadap ibu dan janin. apabila tidak ditangani dengan benar ini juga dapat menimbulkan stunting dan menghambat perkembangan bayi di 1000 hari pertamanya. 

stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

Dampak stunting disebabkan kurangnya asupan nutrisi pada 1.000 hari pertama anak. 1.000 hari di sini dimulai sejak janin sampai anak berusia 2 tahun. Permasalahan stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru akan terlihat ketika anak sudah menginjak usia dua tahun

untuk itu perlunya asupan nutrisi dan gizi bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya stunting pada anak. Gejala stunting yang dapat dilihat pada anak diantaranya :
  1. Anak berbadan lebih pendek untuk anak seusianya
  2. Proporsi tubuh cenderung normal tetapi anak tampak lebih muda/kecil untuk usianya
  3. Berat badan rendah untuk anak seusianya
  4. Pertumbuhan tulang tertunda
berbagai upaya dalam mencegah stunting, dengan melakukan sosialisasi mengenai asupan gizi kepada masyarakat hingga program TTD (Tablet Tambah Darah) bagi remaja putri.

hari ini (13/2/20) Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melalui Bidang Kesmas Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi menyelenggarakan Pertemuan dengan Bidan, Petugas Gizi dan Kader mengenai upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam mencegah stunting. Pertemuan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Prov Kalsel, Ardiansyah, SKM, M.Kes. pertemuan ini dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin pada pukul 10.00 wita.

Diharapkan Bidan, Petugas Gizi dan Kader dapat menjadi petugas kesehatan yang mengedukasi dan membina masyarakat dalam upaya pencegahan stunting di Kota Banjarmasin.