Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

IN HOUSE TRAINING KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI (IHT-KAP) DALAM RANGKA PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING

Stunting merupakan kondisi gangguan tumbuh kembang pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Stunting dapat disebabkan oleh ...

Stunting merupakan kondisi gangguan tumbuh kembang pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Stunting dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dari sulitnya akses terhadap makanan yang bergizi dan aman, rendahnya pengetahuan ibu dan keluarga mengenai gizi sejak 1000 hari pertama kehidupan, hingga tingginya tingkat pernikahan di bawah umur. Salah satu strategi untuk menurunkan stunting adalah dengan melaksanakan Komunikasi Antar Pribadi (KAP). Metode KAP ini bertujuan untuk menyusun pesan kunci, dengan pendekatan komunikasi menggunakan saluran komunikasi yang paling sesuai dengan konteks lingkungan masyarakat tersebut yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 01 Juli sampai dengan 03 Juli 2024. Diharapkan dengan menggunakan metode ini, masyarakat lebih bisa menerima pesan ajakan untuk merubah perilaku yang dapat mencegah stunting.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dr. Tabiun Huda berharap banyak ilmu yang dapat dipetik untuk menambah pengetahuan dan keterampilan petugas dalam mengedukasi masyarakat sesuai dengan kebutuhan kelompok sasaran, dan dengan mempertimbangkan konteks budaya dan kearifan lokal. Pelaksanaan KAP dapat memudahkan penyampaian pesan kepada masyarakat, dan masyarakat dapat menerima dan melakukan perubahan perilaku yang diinginkan. Dengan demikian upaya tersebut diharapkan dapat mendukung pencapaian percepatan penurunan prevalensi stunting Balita sesuai target yang ditetapkan.