Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

[17 JULI] : HARI SAKA BAKTI HUSADA

  Setiap tanggal 17 Juli diperingati sebagai Hari Satuan Karya (Saka) Bakti Husada (SBH). Pramuka Saka Bakti Husada merupakan kegiatan dibid...

 


Setiap tanggal 17 Juli diperingati sebagai Hari Satuan Karya (Saka) Bakti Husada (SBH). Pramuka Saka Bakti Husada merupakan kegiatan dibidang kesehatan, yang dibentuk oleh Kementerian Kesehatan bersama Kwartir Nasional Gerakan Praja Muda Karana (Kwarnas Pramuka) pada 17 Juli 1985.

Saka Bakti Husada merupakan kader kesehatan bangsa dan mitra jajaran kesehatan yang berkiprah sejak lama guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dan sebagai penggerak masyarakat untuk mencintai hidup sehat melalui berbagai kegiatan yang bersifat kreatif dan inovatif untuk membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Saka Bakti Husada memiliki kegiatan dalam bentuk krida bidang kesehatan, yang mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kaum muda, khususnya anggota Saka Bakti Husada, sehingga mereka mampu bersikap dan berperilaku hidup sehat, menjadi contoh  teman sebaya, keluarga dan masyarakat di lingkungannya, serta mau dan mampu menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat. Dalam jangka panjang, krida bidang kesehatan akan turut meningkatkan jangkauan dan cakupan  layanan kesehatan, utamanya upaya kesehatan masyarakat (UKM), seperti: pembudayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pentingnya imunisasi, pencegahan HIV AIDS, TB-Paru, dan Malaria, serta pengendalian vektor penyakit.

Saka Bakti Husada meliputi 6 (enam) krida, yaitu :

1. Krida Bina Lingkungan Sehat

2. Krida Bina Keluarga Sehat

3. Krida Penanggulangan Penyakit

4. Krida Bina Obat

5. Krida Bina Gizi 

6. Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)