Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pertemuan Pelaksanaan IMD bagi Penolong Persalinan

  DBNews (Banjarmasin) -  Inisiasi Menyusu Dini (IMD) merupakan langkah awal keberhasilan bayi untuk belajar menyusu pertama sehingga ASI t...

 


DBNews (Banjarmasin)Inisiasi Menyusu Dini (IMD) merupakan langkah awal keberhasilan bayi untuk belajar menyusu pertama sehingga ASI tetap di produksi. IMD dapat mencegah kematian neonatal, bagi ibu IMD dapat mengurangi morbiditas dan mortalitas.

Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh Bidan di 26 Puskesmas Kota Banjarmasin serta Praktek Bidan Mandiri yang ada di wilayah Kota Banjarmasin. pertemuan ini menghadirkan narasumber dari AIMI Kalsel, Mahdia Fadhila, M.PSI., Psikolog

Manfaat untuk bayi adalah:
1. Bayi akan mendapat kolostrum atau ASI pertama yang dihasilkan oleh ibu. Susu ini kaya akan sel imun dan antibodi sehingga dapat meningkatkan daya tahan bayi.
2. Bayi akan dapat menjalankan ASI eksklusif dengan lebih baik.
3. Bayi akan mendapat perhatian dan kasih sayang dari ibu.
4. Menjaga suhu tubuh bayi agar tetap hangat.
5. Bayi akan menjadi lebih tenang karena berada di dalam dekapan ibu.

Manfaat untuk ibu adalah:
1. Memberikan kebahagiaan bagi ibu dalam menyambut buah hati.
2. Keberhasilan pemberian ASI eksklusif kepada bayi meningkat.
3. Rangsangan bayi ketika menyusu akan meningkatkan pembentukan hormon oksitosin yang berguna untuk menghasilkan ASI, menenangkan ibu, dan meningkatkan kontraksi rahim yang membantu proses lahirnya ari – ari dan mengurangi perdarahan setelah melahirkan.
4. Ibu akan dapat langsung memberikan perhatiannya kepada anak setelah proses persalinannya.