Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

[DB-Tips] : Tetap Produktif di Bulan Puasa Dengan Mengatur Pola Tidur Yang Baik

  DBNews (Banjarmasin) - selain pola makan yang harus disesuaikan pada saat bulan puasa, pola tidur juga harus diperhatikan agar tubuh tetap...

 


DBNews (Banjarmasin) - selain pola makan yang harus disesuaikan pada saat bulan puasa, pola tidur juga harus diperhatikan agar tubuh tetap dapat produktif meskipun dalam keadaan berpuasa. seringkali kita mengabaikan pola tidur yang tidak teratur mengingat saat bulan puasa kita diharuskan untuk bangun lebih awal dari biasanya untuk melakukan sahur. mengatur pola tidur pada saat puasa, bermanfaat untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar tidak terasa lemas dan dapat lancar menjalankan ibadah puasa.

Berikut beberapa tips atau langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga pola tidur pada saat bulan puasa :

Tidur Lebih Cepat 

Mengingat kita bangun lebih cepat dari biasanya, sebaiknya juga memajukan waktu tidur kita. Sebagai contoh, jika tidur pukul 22.00. cobalah untuk mulai tidur satu jam lebih awal. dengan tidur lebih awal akan menjaga durasi tidur anda yang terpotong dimana kita diharuskan tidur minimal 8 jam setiap hari. dikutip dari (Halodoc.com) Menurut penelitian dalam Journal of Sleep Research, ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement) yang membuat kamu mudah lemas dan mengantuk di siang hari.

Mencoba Power Nap

Power nap adalah tidur selama 20 menit di sela kegiatan  untuk mengembalikon stamina. Power nap sebaiknya tidak lebih dari 20 menit karena tidur lebih nyenyak, yang justru menimbulkan rasa lelah

Perhatikan Lingkungan Tidur

Untuk memastikan kualitas tidur, pastikan kamar dalam kondisi tenang dan minim cahaya. Bila perlu bisa menggunakan earplug atau masker mata untuk memudahkan tubuh tidur dan istirahat. dengan tempat atau lingkungan yang nyaman pada saat istirahat dapat meningkatkan kualitas tidur anda.

Perhatikan Pola Makan

Saat berbukan sebaiknya hindari makanan yang kaya kalori, gula, terlalu pedas, atau digoreng dengan minyak yang terlalu banyak. Sistem pencernaan perlu usaha ekstra untuk mengolah asupan tersebut yang berisiko mengganggu waktu tidur.


itulah beberapa langkah atau tips dalam mengatur pola tidur anda pada saat bulan puasa. dengan meningkatkan kualita tidur, kita dapat tetap melakukan kegiatan seperti biasanya. jangan jadikan bulan puasa untuk menjadi bermalas-malasan. tetap tingkatkan imun dan iman di bulan puasa pada saat pandemi covid-19 saat ini.