Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Siap Germas !!! Pembinaan UKBM Tingkat Kota Banjarmasin

  DBNews (Banjarmasin) -  Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) merupakan salah satu program kesehatan yang menjadi ujung tombak ...

 


DBNews (Banjarmasin)Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) merupakan salah satu program kesehatan yang menjadi ujung tombak pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama dalam hal promotif dan preventif, seperti posyandu balita, posyandu lansia, posbindu, dan lainnya. UKBM menggunakan konsep pengelolaan dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Dengan konsep tersebut diharapkan pelayanan kesehatan semakin dekat dirasakan oleh masyarakat. Namun, sering kali kegiatan UKBM belum terlaksana secara optimal. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan kegiatan berjalan kurang optimal misalnya, pelayanan yang tersedia kurang lengkap, antusiasme masyarakat kurang, pengelolaan administrasi belum optimal sampai belum optimalnya pembinaan untuk kader pelaksana kegiatan UKBM.

Pada hari Selasa tanggal 5 April 2021 diselenggarakan kegiatan pertemuan Pembinaa UKBM Tingkat Kota Banjarmasin, yang dipimpin oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Banjarmasin. Pertemuan ini diikuti oleh  Penyuluh Kesehatan dan pengelola program  PSM di 26  Puskesmas se-Kota Banjarmasin, bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Kepala Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.