Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

60 Detik Cegah Covid-19

DBNews (Banjarmasin) - Covid-19 atau corona sudah ditetapkan sebagai bencana nasional diindonesia. Berbagai penanggulangan dan penyebara...

DBNews (Banjarmasin) - Covid-19 atau corona sudah ditetapkan sebagai bencana nasional diindonesia. Berbagai penanggulangan dan penyebaran virus covid-19 ini terus dilakukan oleh berbagai pihak terkait.

Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melalui bidang P2P serta Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat memberikan edukasi kepada masyarakat melalui kampanye dan sosialisasi mengenai virus yang saat ini ditakuti oleh masyarakat Kampanye dan Sosialisasi ini dilakukan di Siring Menara Pandang Kota Banjarmasin pada minggu (15/3/20).

area siring menara pandang dipilih  dikarenakan area tersebut merupakan tempat yang banyak dikunjungi oleh masyarakat kota Banjarmasin pada hari minggu pagi. Menurut kadinkes kota banjarmasin sosialisasi ini bukan hanya ditargetkan  kepada orang yang sakit melainkan juga orang-orang yang sehat untuk menghindari virus tersebut.

Langkah yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk menghindari virus corona adalah dengan menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). dalam kampanye ini Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Banjarmasin untuk selalu cuci tangan pakai sabun paling tidak selama 40 sampai 60 detik dengan enam langkah. cuci tangan utamanya dilakukan sebelum makan dan sesudah dari toilet adapun langkah-langkah nya sebagai berikut :

Sebelum cuci tangan basahi tangan dengan air ,berikan sabun terlebih dahulu dan lakukan 6 langkah berikut
1.  bersihkan telapak tangan dengan menggosok kedua belah tangan
2.  menggosok punggung tangan dengan telapak tangan kiri dan sebaliknya
3.  gosok sela-sela jari pada kedua tangan
4.  gosok jari jari pada kedua tangan dengan posisi tangan saling mengunci
5. gosok ibu jari dengan gerakan memutar
6. bersihkan kuku kuku jari dengan menggosok ujung jari kanan ke telapak tangan kiri dengan gerakan  memutar , lalu bilas dengan air mengalir.


dalam kampanye dan sosialisasi pada minggu (15/3/20) tersebut Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin juga membuka konseling bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut dan ingin menanyakan mengenai masalah covid-19 sehingga masyarakat tidak salah persepsi mengenai virus ini.

melalui kampanye ini diharapkan masyarakat dapat ter edukasi dan mendapatkan informasi mengenai virus yang saat ini semakin diwaspadai oleh masyarakat indonesia terlebih di indonesia telah ada kasus yang diduga corona.

menurut kadinkes kota banjarmasin walaupun di banjarmasin belum ada kasus virus covid-19 ini bukan berarti kita mengabaikan hal tersebut, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan terus menerapkan PHBS nya di kehidupan sehari-hari dan meningkatkan daya tahan tubuh agar virus tidak mudah masuk ke dalam tubuh kita.

tidak hanya pada orang dewasa, Dinkes juga menghimbau untuk perilaku hidup bersih dan sehat diharapkan juga dibiasakan kepada anak-anak sehingga mereka dapat selalu sehat.