Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Praktek SMD dan MMD Dalam Upaya Pencegahan Stunting

DBNews (Banjarmasin) - Survey Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah suatu usaha bersama yang dilakukan oleh Pusk...


DBNews (Banjarmasin) - Survey Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah suatu usaha bersama yang dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat, dan menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan tersebut.

The Introspective Survey (SMD) and the Village Community Deliberation (MMD) are a joint effort carried out by the Community Health Center involving community participation to identify health problems in the community, and explore their potential to solve these problems.

berbagai macam permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat salah satunya adalah masalah  stunting yang kini menjadi permasalahan yang harus diwaspadai. stunting merupakan permasalahan kesehatan yang terjadi akibat kurangnya asupan nutrisi pada anak khususnya 1000 hari pertama.

various kinds of health problems that occur in the community one of which is the problem of stunting which is now a problem that must be wary of. stunting is a health problem that occurs due to lack of nutrition in children, especially the first 1000 days.

Permasalahan stunting ini terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru akan terlihat ketika anak sudah menginjak usia dua tahun.terkadang para ibu mengabaikan asupan nutrisi ketika hamil. untuk itu perlunya pendampingan dan arahan kepada ibu hamil mengenai asupan nutrisi yang baik.

This stunting problem occurs starting from the womb and will only be seen when the child has reached the age of two years. Sometimes mothers neglect nutrition when pregnant. for this reason the need for assistance and direction to pregnant women regarding good nutrition.

Dalam mencapai tujuan pencegahan stunting di masyarakat, hari ini (18/2/20) Puskesmas Cempaka melaksanakan Pertemuan Praktek SMD dan MMD guna menyamakan persepsi dan sasaran kepada petugas/kader maupun tokoh masyarakat dalam menciptakan generasi bebas stunting. 

In achieving the goal of stunting prevention in the community, the Cempaka Community Health Center held an SMD and MMD Practice Meeting to equalize perceptions and targets with officers / cadres and community leaders in creating a free generation of stunting.

kegiatan ini diadakan di ruang aula puskesmas cempaka yang dihadiri oleh petugas/kader di wilayah kerja puskesmas cempaka dan melalui pertemuan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada kader/petugas dalam upaya pencegahan stunting pada masyarakat.
  
This activity was held in the hall of Cempaka Community Health Center which was attended by officers / cadres in the working area of ​​Cempaka Community Health Center and through this meeting it was hoped that it could provide understanding to the cadres / officers in efforts to prevent stunting to the community.