Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pertemuan Pembinaan Dukun Kampung dan Bidan di Puskesmas

DBNews (Banjarmasin) - sebagian besar masyarakat masih lebih memilih dukun kampung daripada  bidan yang ada di puskesmas untuk membantu...


DBNews (Banjarmasin) - sebagian besar masyarakat masih lebih memilih dukun kampung daripada  bidan yang ada di puskesmas untuk membantu persalinan mereka, terutama di daerah daerah yang terpencil atau lokasi yang jauh dari puskesmas. padahal dalam membantu persalinan perlu penangangan medis yang baik agar terhindar dari resiko kematian baik untuk ibu maupun bayi.

the majority of the community still prefers dukun kampung rather than midwives at the puskesmas to assist their delivery, especially in remote areas or locations far from puskesmas. whereas for labor, good medical management is needed to avoid the risk of death for both mother and baby.

Dalam upaya menyatukan kemitraan dukun dan bidan sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan cakupan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melalui Bidang kesmas seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi mengadakan Pertemuan Pembinaan Dukun Kampung demi meningkatkan pelayanan kesehatan di masyarakat.

In an effort to unify the partnership between traditional birth attendants and midwives as one of the strategies in increasing coverage of childbirth assistance by health workers, the Banjarmasin City Health Office through the Community Health and Nutrition Health Section section held a Village Shaman Development Meeting to improve health services in the community.
Kegiatan ini dilakukan di ruang Aula Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dengan menghadirkan bidan yang ada 26 puskesmas se kota banjarmasin dan bidan kampung atau dukun kampung di wilayah kerja puskesmas.

This activity was carried out in the Hall of the Banjarmasin City Health Office by presenting midwives with 26 community health centers in the city of Banjarmasin and village midwives or village shamans in the working area of ​​the puskesmas.

acara dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kuswanta , SKM didamping oleh kepala seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Hj.Ariati, SST.

The event was opened by the Head of Public Health, Kuswanta, SKM accompanied by the head of the Family Health and Nutrition section Hj.Ariati, SST.

dalam sambutan nya Kabid Kesmas berharap dalam kesempatan ini dukun/bidan kampung dan kader dapat berkoordinasi dengan bidan-bidan di puskesmas ketika akan membantu persalinan hal ini bertujuan untuk meminimalisir angka kematian ibu dan bayi di Kota Banjarmasin

in his speech the Head of Public Health hopes that on this occasion the village midwife / midwife and cadre can coordinate with midwives at the puskesmas when assisting in childbirth this aims to minimize maternal and infant mortality in Banjarmasin.